Trik Setting Saddle pada Tremolo Up Down

Kalau kita pergi ke toko musik dan melihat berbagai macam jenis gitar listrik, terkadang kita kebingungan yang mana yang mau kita beli, gitar-gitar tersebut memiliki bentuk beranekaragam dan nampaknya sama semua atau dalam kondisi ok karena masih baru. Pas kita beli dan bawa dirumah ternyata semua dalam kondisi prima, gitar sudah kita stem dengan tuner, mula-mula ok, pas main grip semakin ke atas ternyata suara senar terdengar agak lari atau sumbang, wah jika mengetahui hal tersebut pengen rasanya mengembalikan gitar ke tokonya, pemikiran kita pasti pembikinan gitar tersebut cacat dan tidak sempurna.
Eiitt.. tunggu dulu jangan terburu-buru, cek dulu apa masalahnya, jangan cepet menyerah bos..!! gitar baru kok sumbang pasti aneh kedengarannya. Cek dulu kalau gitar tersebut memiliki tremolo up down, mungkin tremolo itulah biangkerok dari semuanya. Kalau kamu tergesa-gesa mengembalikan gitar ke toko, dan dapat ganti yang lain seminggu kemudian suara berubah sumbang lagi, kan tidak lucu jika kita harus menukar dan menukar lagi, kalau tremolo up down bermasalah, itu sudah biasa jangan salahin ini dan itu, tapi cobalah kita berlatih memperbaikinya sendiri.
Nah kalau di artikel-artikel sebelumnya saya sudah memaparkan tentang cara pemasangan tremolo, di artikel ini saya coba menerangkan trik menyeting saddle/sadel/sedel yang ada di tremolo, jika kamu masih bingung mengenai nama-nama dari bagian tremolo, di artikel sebelumnya saya sudah membikin bagannya, anda bisa melihatnya. Tapi sebelumnya saya minta maaf jika mungkin dalam menerangkan ada kesalahan dan jauh dari teori-teori yang ada. Karena saya tidak pernah mengenyam sekolah musik, hanya berdasarkan pengalaman yang saya dapat.
Banyak hal yang mempengaruhi suara senar jadi sumbang, kadang di fret kecil / fret 1 ok, semakin ke belakang suara jadi tidak beraturan, biasanya kalau senar baru,belum banyak masalah, kalau sudah agak usang suara semakin kacau, tapi senar baru juga tidak menjamin jika setingan kita dari awal sudah tidak benar. Karatan atau korosi dapat menjadi biang kerok, penipisan akibat akibat sering kita mainkan juga salah satunya, kadang fret juga membikin senar jadi agak berlubang, locking nut tidak terpasang dengan kencang atau penguncian disaddle tremolo tidak kuat sehingga senar medah terlepas sedikit, pokoknya ada berbagai macam anda bisa mengamati sendiri.
Coba liat gambar dibawah:


















seting saddle tremolo
Mengacu pada gambar diatas maka mari kita mulai langkah-langkah penyetelannya:
Langkah 1:
Setelah senar baru terpasang, stem senar gitar dengan tuner (pada penyeteman saddle tremolo kita memerlukan tuner, jika dengan insting mungkin kurang akurat). Jangan lupa kunci erat locking nut-nya, kita mulai dengan menyetem satu senar dulu, saya contohkan di senar 1 tuner harus tepat di nada (E). Ingat yang menjadi patokan adalah kita tekan senar di fret 12 atau fret 12th pada posisi senar, kalau kita sudah tekan fret ke-12 lalu petik senar gitar coba lihat posisi jarum di tuner (tuner dapat berupa digital, jadi anda bisa mengira-ira sendiri apa yang saya maksut), jika posisi tuner masih tetap di posisi tengah berarti anda tidak perlu menyetem saddle, lanjutkan penyeteman ke senar lainnya, tapi jika tuner tidak tepat pada tengah, ikuti langkah selanjutnya.
Langkah 2:
Kalau posisi jarum melebihi jarum, seperti di gambar (gambar paling atas), ambil kunci L, longgarkan inotation lock screw (sekrup di sedel), mundurkan posisi sedel sehingga jarak senar menjadi lebih jauh, ketatkan lagi sekrup pengunci, jika sudah ketat, kita tes lagi dengan menekan senar di fret ke-12 lalu petik senar, coba lihat ke tuner lagi lakukan ulang langkah ke-2 sampai posisi jarum tuner tepat sampai ke tengah-tangah. Jika posisi jarum tuner berada di sebelah kiri separti pada gambar (gambar paling bawah) maka ikuti langkah berikutnya.
Langkah 3:
Jika posisi jarum minus maka ambil kunci L longgarkan sekrup pengunci saddle, tarik sedel mendekat sehingga posisi jarak senar agak lebih pendek, ketatkan lagi sekrupnya, lakukan penyetelan sedikit demi sedikit hingga posisi jarum tepat ditengah-tengah, lihat gambar diatas perhatikan posisi jarum tuner dan posisi tanda panah merah di tremolo, coba fahami maksutnya pasti lebih mudah dengan melihat gambar saja. jika jarum tuner sudah tepat berada di tengah-tengah baik senar gitar dipetik di fret ke-0 maupun ke-12 maka, penyetelan sudah tepat. langkah selanjutnya lakukan langkah-langkah diatas pada senar gitar selanjutnya. Intinya kalau di fret ke-0 senar bernada E maka di fret ke-12 usahakan juga posisi tuner tepat di nada E.
Selamat mencoba.. jika masih bingung dan ada pertanyaan, masuk ke Fourm Gitar. Bagi kakak-kakak yang sudah senior tolong bantuannya atau kalau merasa tutorial dari saya tidak pas atau kurang, lengkapi di bagian komentar.. jangan lupa: sering berlatih adalah kuncinya..






Comments

  1. Sy menggunakan tremolo edge II. Sudah setting saddle, tapi saddle mentok (menjauhi pickup) sedangkan fret 12 masih melebihi tune (di stem pakai tuner) bagaimana solusinya jika saddle sudah mentok. Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bugera 333-212 Guitar Amplier

vox The Satchurator - Distortion Pedal