Straight Edge



Orang Awam kadang ngleliat musik Rock tuh identik banget sama hal-hal yang negatif.Di bilang pecandu alkohol lah,pemake drugs lah.....pokoknya yang jelek-jeleknya gitu deh.Apalagi media juga "kadang" seneng banget ngejar-ngejar yang jeleknya aja.Padahal ,--asal teu ja neh ya--Imej yang kayak gitu ga' selamanya bener taooo....!!!!!!! Makanya gw coba nulisin sesuatu yang ngasih pandangan baru kalo musik rock itu ga' sesempit istilah Sex,Drug's eN Rock n' Roll aja. Gw bakal ngomongin gaya hidup yang lahir dari komunitas Punk/Hardcore yang di sebut Straight Edge.
Straight Edge adalah Sebuah gaya hidup.Orang-orang yang menganut gaya hidup ini ogah banget mengonsumsi alkohol,drugs.Mereka juga anti Free Sex.Gaya ini ngasih satu pilihan baru bagi anak-anak dalam scene punk/hardcore yang sempet identik dengan kebiasaan mabok-mabokan dan chaos.
Istilah ini awalnya didapet dari sebuah lagu dengan judul yang sama dari band bernama Minor Threat ( 1981 ).Frotman band itu adalah Ian Mackaye.Doi yang pertama punya pandangan kalo dalam scene punk/hardcore itu mesti ada suatu perubahan positif.Inti pesan dalam lagu berjudul Straight Edge ini adalah dalam hidup ini ada banyak hal baikyang bisa kita jerjain dari pada sekedar mabok, terus pake narkoba.Ide tentang Straight Edge sebernya udah ada dalam lagu protopunk taun 70-an,The Modern Lovers.Mereka yang menganut paham Straight Edge awalnya cuma berkembang di wiliyah Whashington D.C dan New York sampe akhirnya makin nyebar ke Canada.
Anak-anak Straight Edge biasanya pake simbol "X" di Punggung tangannya pas mau manggung atawa dateng ke acara musik mereka.ada juga yang pake lambang itu di Pin,T-shirt dan Merchandise lain sebagai simbol propagandanya.Cerita awal simbol "X" di punggung,di tangan ini di mulai sama Band Teen Idles , pas mereka lagi ngamen di klab bernama Mabuhay Gardens,San Frascisco.Pihak manajemen klab ngelarang mereka mengamen disana lantaran beberapa diantara mereka masih di bawah umur.Setelah bisa ngeyakinin panjang lebar , khirnya pihak manajemen klab ngebolehin mereka ngamen.Dengan syarat personil yang masih di bawah umur di kasih tanda coretan"X" di Punggung tangannya pake spidol.Sejak saat itu simbol "X" di punggung tangan jadi simbol pergerakan Straight Edge.
Ada 2 era yang berbeda dalam perkembangan band-band Straight Edge . Era band-band Old School kayak 7 Second ,SSD,Uniform Choice,Cause for Alarm dan era band-band Youth Crew kayak Gorilla Biscuits,Judge,Bold,Youth Of Today . Masing - masing berkembang sesuai jamannya .Kalo era Old School lebih banyak neriakin pergerakannya sedangkan era Youth Crew lahir pas band-band punk / hardcore lebih ngedepanin semangat persatuan buat nyebar luasin gaya hidup Straight Edge.
Seiring perkembangannya , Straight Edge juga menyuarakan masalah animal rightdan pola hidup Vegetarian.Ada juag yang jadi militan dan akhirnya minim toleransi sampe bisa melakukan kekerasan sama orang-orang yang non Straight Edge.Tapi menjelang taun 2000, cap negatif terhadap band-band Straight Edge udah lumayan pulih.Mereka udah mau satu panggung sama band-band yang bukan dari Straight Edge.
Saat ini Straight Edge gak cuman ada di scene Punk/hardcore , tapi juga udah meluas ke berbagai genre.Yupzzz.!!!Straight Edge udah beneran di adaptasi jadi sebuah Life Style.Walaupun Loe suka R&B,Pop,Soul atawa Ska sekalipun tetep bisa megang gaya hidup ini . But The Most Important Thing Is, Loe sekarang udah teu dari mana asal gaya hidup Straight Edge itu lahir.Bukan begitu Juragan........???????hehehehe

Comments

  1. mending Loe bca dolo sblom komentar.........
    bruan dah........hehehee
    :buttrock:

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bugera 333-212 Guitar Amplier

Trik Setting Saddle pada Tremolo Up Down

vox The Satchurator - Distortion Pedal